Categories
pendidikan

Belajar Via Kursus Online

Belajar Via Kursus Online

Di saat pandemi COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona ini masih belum musnah dari bumi pertiwi kita, maka pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim, mengambil keputusan untuk memberlakukan sekolah dengan sistem online hingga Desember 2020. Cukup lama keputusan ini diambil dan dibagikan kepada khalayak luas di Indonesia. Hal ini membuat orang tua bertanya-tanya mengenai sistem sekolah di tahun ajaran baru seperti apa jadinya. Berikut beberapa hal yang bisa dibagikan kepada parents terkait panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kami berharap agar pandemi bukan jadi penghalang dan belajar via kursus online menjadi efektif serta kondusif.

Prinsip Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19Belajar Via Kursus Online

Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran. Sehingga, belajar via kursus online menjadi solusi yang terbaik untuk saat ini. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai belajar via kursus online, kami membagikan info mengenai hal teknis yang telah diputuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Adapun hal yang disampaikan adalah:

  • Kepala Satuan Pendidikan Wajib Melakukan Pengisian Daftar Periksa Kesiapan
  • Zona Wilayah Menentukan Kebijakan

Kepala Satuan Pendidikan Wajib Melakukan Pengisian Daftar Periksa Kesiapan

Belajar Via Kursus Online

  1. Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih, sarana cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer), dan desinfektan.
  2. Mampu mengakses fasilitas layanan kesehatan (puskesmas, klinik, rumah sakit, dan lainnya).
  3. Kesiapan menerapkan area wajib masker kain atau masker tembus pandang bagi yang memiliki peserta didik disabilitas rungu.
  4. Memiliki thermogun (alat pengukur suhu tanpa kontak fisik/ model tembak).
  5. Pemetaan warga satuan pendidikan yang tidak boleh melakukan kegiatan di satuan pendidikan:
  6. memiliki kondisi medis penyerta (comorbidity) yang tidak terkontrol
  7. tidak memiliki akses transportasi yang memungkinkan penerapan jaga jarak
  8. memiliki riwayat perjalanan dari zona kuning, oranye, dan merah atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 hari.
  9. Membuat kesepakatan bersama komite satuan pendidikan terkait kesiapan melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Proses pembuatan kesepakatan tetap perlu menerapkan protokol kesehatan.  

Zona Wilayah Menentukan Kebijakan

Belajar Via Kursus Online

Bagi Anda yang tinggal di zona kuning, oranye, dan merah maka kegiatan pembelajaran akan dilakukan di rumah. Namun, bagi Anda yang tinggal di zona hijau maka pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan yang memenuhi kesiapan dilaksanakan secara bertahap, diawali dengan masa transisi selama dua bulan. Jika aman, dilanjutkan dengan masa kebiasaan baru atau new normal.

Tips-Tips Belajar Via Kursus Online Secara Efektif Disaat Pandemi COVID-19 / Virus Corona

          Tentu Anda akan lebih mengutamakan kesehatan Putra-Putri maupun diri Anda sendiri di saat keadaan belum pulih benar. Lebih baik berhati-hati dan mencegah daripada mengobati, bukan? Oleh karena itu MEC GO akan memberikan tips-tips belajar dengan media kursus online secara efektif disaat pandemi COVID-19 / virus Corona. 

Apakah benar jika anak-anak berusia 2-9 tahun belum mampu belajar dengan media kursus online? Nyatanya, 90% murid MEC GO yang merupakan anak-anak berusia 2-9 tahun dapat belajar dengan semangat dan hati yang gembira. Malahan, mereka merasa bahwa kegiatan ini menyenangkan dan berbeda dari biasanya (tutor datang ke rumah ataupun murid datang ke tempat bimbingan belajar). Mau tahu apa rahasianya? Berikut rahasia agar belajar via kursus online dapat berjalan efektif:

  1. Sebelum memulai kursus online, MEC GO memberikan sesi tatap muka di awal bagi tutor yang baru. Nah, di sesi ini para murid bisa berkenalan dengan para tutor. Bahkan, orang tua bisa menyampaikan harapan dan kebutuhannya untuk sesi kelas online yang akan datang.
  2. MEC GO juga mendukung kedekatan para orang tua terhadap para murid. Yaitu orang tua dapat ikut mendampingi dan melihat sesi pengajaran. Ada baiknya jika sebelum kursus online dimulai, orang tua tetap aware terhadap mood sang anak agar selama sesi pembelajaran dapat berlangsung dengan kondusif. 
  3. Sebagian besar tutor-tutor di MEC GO merupakan tutor-tutor berpengalaman dan dapat membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga murid dapat mudah menangkap pembelajaran.
  4. MEC GO memberikan materi dalam bentuk softcopy yang mudah diakses oleh para orang tua dan murid. Namun, murid juga dianjurkan memiliki buku tulis untuk mencatat hal-hal yang penting.
  5. MEC GO juga tetap memberikan laporan pembelajaran berkala setiap pertemuan yang dapat diakses dengan mudah oleh para orang tua dan murid.
  6. MEC GO memberikan pelayanan terbaik bagi murid dengan menyediakan mentoring dengan psikolog.

Jadi, tunggu apa lagi? Daftarkan diri Anda ataupun Putra-Putri Anda di MEC GO sekarang juga. Para tutor handal kami siap membantu Anda. Kontak Admin kami di chat WhatsApp (WA) 081 332 89 1111. Anda tidak akan menyangka bahwa belajar via kursus online dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi Anda maupun putra-putri Anda. MEC GO juga menyediakan tutor privat yang bisa hadir di rumah Anda (dengan protokol kesehatan) dengan berbagai kota seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jakarta, dan Yogyakarta.